Kamis, 17 Oktober 2013

sekolah ramah lingkungan

Sekarang ini sudah banyak sekolah yang berusaha menjadi ramah lingkungan. Baik dari segi gedung ataupun aturan yang berlaku di sekolah. Nah, pada tahun 2011, The American Institute of Architects mengumumkan beberapa gedung di Amerika Serikat yang paling berhasil memberikan contoh design dan arsitektur ramah lingkungan. Di antaranya adalah dua sekolah berikut ini.

High Tech High, Chula Vista, California, USA
SMA yang memiliki 550 murid ini dari sisi design bangunannya sudah terlihat cinta bumi. Dimulai dari gedungnya yang memiliki banyak kaca dan ruangan terbuka. Saking ingin menyatunya dengan alam, hampir semua ruangan di sekolah ini punya akses keluar lebih dari satu. Kaca-kaca besar membuat sekolah ini hemat listrik untuk penerangan.
   
Satu lagi yang juga membanggakan dari sekolah ini adalah sistem perairannya. Karena berada di daerah kering, sekolah ini membuat sistem penampungan air hujan. Sehingga ketika hujan besar datang akan tertampung dan diolah di sistem konservasi air untuk persediaan air di sekolah. Selain itu karena sinar matahari cukup terik di daerah ini, sekolah pun menggunakan energi dari tenaga surya untuk listriknya.

Kiowa County Schools, Greensburg, Kansas, USA
Di tahun 2007, daerah Greensburg sempat dihantam bencana angin tornado. Nah, ketika pembangunan dilakukan kembali, beberapa gedung memang didesign untuk ramah lingkungan. Termasuk gedung sekolah yang punya nama keren K-12 ini. Sama seperti High Tech High, sekolah ini juga memanfaatkan keadaan alam buat menghasilkan energi. Bedanya kalau High Tech High menggunakan sinar matahari, K-12 menggunakan energi angin untuk menghasilkan tenaga listrik. Ada turbin angin berdaya 50 kilowatt yang berputar untuk menghasilkan energi buat sekolah ini.

Saluran ventilasi dan pencahayaan mereka didesign dengan baik sehingga menghemat penggunaan lampu dan AC. Karena memang daerahnya termasuk berangin, sekolah ini pun menggunakan angin sebagai pendingin ruangan mereka.Kaca-kaca di ruangan pun sengaja disesuaikan sehingga cahaya matahari selalu bisa masuk di lokasi yang pas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar