Senin, 08 April 2013

bindo7


F. Penutup
Sebagai salah satu warga masyarakat, saya mempunyai kebanggaan tersendiri terhadap  Bahasa Idonesia. Biarpun saya sudah hidup lama merantau di negeri orang (Amerika), namun saya masih fasis dan lancar dalam menggunakan Bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulisan. Akhirnya, teman-teman kolega saya kaget sekali karena saya masih bisa berbicara lancar dengan mereka tanpa ada penghalang sedikit pun.
Bagi beberapa orang warga memang ada rasa kebanggaan tersendiri karena mereka masih bisa berkomunikasi dengan sesama masyarakat di seluruh Indonesia, biarpun sudah lama tinggal di luar negeri. Tetapi mereka masih juga bisa berkomunikasi dengan masyarakat Indonesia di seluruh tanah air dari Sabang sampai Merauke hanya dengan menggunakan bahasa Indonesia. Tapi tidak sedikit juga ada beberapa warga yang bangga dengan menggunakan bahasa asing, seperti bahasa Inggris untuk komunikasinya. Untuk itulah mungkin diperlukan sistem pembelajaran yang baru, agar mereka juga merasa nyaman dalam menggunakan Bahasa Indonesia. Mungkin istilah untuk ini dikenal dengan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis multikultur menjadi penting untuk diterapkan.
Memang dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam era globalisasi ini sangat mempengaruhi keberadaan bahasa Indonesia itu sendiri. Namun demikian, apapun kemajuan teknologi yang ada seharusnya bisa kita manfaatkan dalam memertahankan bahasa Indonesia. Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis ICT (Information, Communication and Technology).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar